Musik Queen’s Menghasilkan Uang Lebih Dari Miliaran Dollar
Themaxonline

Musik Queen’s Menghasilkan Uang Lebih Dari Miliaran Dollar?

Musik Queen’s Menghasilkan Uang Lebih Dari Miliaran Dollar? – Stat Of The Week MBW adalah seri di mana ditunjukkan mengapa satu titik data layak mendapat perhatian industri musik global. Stat Of the Week didukung oleh Cinq Music Group, sebuah perusahaan label rekaman, distribusi, dan manajemen hak berbasis teknologi.

Band legendaris Inggris Queen adalah kisah sukses streaming yang menakjubkan – dan salah satu dari sedikit artis ‘deep catalog’ yang benar-benar menaklukkan formatnya. agen sbobet

Musik Queen’s Menghasilkan Uang Lebih Dari Miliaran Dollar

Queen tetap menjadi artis terbesar ke-38 di Spotify hari ini, dengan lebih dari 37,6 juta pendengar bulanan. Itu lebih dari Kanye West (35,8m), Beyoncé (32,6m), The Beatles (24,3m), dan Jay-Z (21,6m).

Memang, menurut IFPI, Queen adalah artis rekaman penghasil pendapatan terbesar kelima di dunia tahun 2019, dan keenam terbesar di tahun 2018.

Semua ini dari band yang terakhir merilis album studio baru 26 tahun yang lalu (Made In Heaven, 1995).

Sekarang dapat diungkapkan jumlah uang yang menakjubkan yang terus dihasilkan oleh musik klasik Queen dalam bentuk royalti setiap tahun.

MBW telah menelusuri kembali melalui rekening tahunan Queen Productions Ltd, grup yang berbasis di Inggris di mana omset Queen dibayarkan setiap tahun.

Queen Productions Ltd dimiliki bersama dan sama oleh tiga anggota pendiri Queen yang masih hidup – Brian May, Roger Taylor, dan John Deacon – ditambah dengan warisan Freddie Mercury.

Yang terbaru dari akun tahunan perusahaan, untuk 12 bulan hingga akhir September 2020, diajukan akhir bulan lalu.

Ini mengungkapkan bahwa Queen menghasilkan £41,95 juta ($58,1 juta dengan nilai tukar saat ini) dalam periode tahunan. Sebagian besar uang ini berasal dari royalti, yang berjumlah £41,67 juta ($57,7 juta) pada tahun itu.

Royalti ini akan diperoleh dari berbagai sumber, tetapi untuk menempatkan hal-hal ke dalam konteks: $57,7 juta adalah setara dengan pembayaran seorang artis mungkin mengharapkan untuk menerima jika musik mereka dimainkan sekitar 14,4 miliar kali di Spotify.

Pengingat penting: apa yang kita bicarakan di sini adalah pendapatan bersih yang ditarik oleh Queen Productions Ltd – bukan uang yang belum mengalir melalui perusahaan rekaman atau penerbit musik. (Yang mengatakan, Queen mungkin dapat membayar mitra label/penerbitnya berdasarkan biaya untuk layanan mereka.)

Layanan streaming menunjukkan bahwa, saat ini, rekaman master Queen dimiliki oleh Queen Productions Ltd, dan dilisensikan di seluruh dunia (ex-US/Canada) ke Universal Music. (Hak rekaman Queen AS/Kanada dimiliki oleh Disney.) Sementara itu, hak penerbitan band ini sedikit lebih rumit. Mereka dimiliki oleh perusahaan Inggris yang terpisah, Queen Music Ltd, dan dikelola oleh Sony Music Publishing.

Yang mengatakan, pengajuan untuk Queen Music Ltd menunjukkan bahwa mereka membayar £ 26,8 juta kepada “entitas di bawah kendali [anggota Queen]” selama FY2020 – menunjukkan pendapatan penerbitan musik ini kemungkinan dibayarkan melalui Queen Productions Ltd.

Royalti raksasa Queen di FY2020 sebenarnya turun secara signifikan dari apa yang ditarik band setahun sebelumnya.

Pada FY2019 (12 bulan hingga akhir September 2019), Queen Productions Ltd menghasilkan £72,77 juta ($100,8 juta), di mana £71,53 juta ($99,0 juta) di antaranya berasal dari royalti.

Keberhasilan astronomi Queen di FY2019 sebagian besar disebabkan oleh satu alasan tertentu: film biografi pemenang Oscar Bohemian Rhapsody yang sangat sukses, yang dirilis pada Oktober 2018 (dalam Queen’s FY2019), dan diisi dengan rekaman klasik band.

Dalam pengajuan terbarunya, Queen Productions Ltd mencatat bahwa penurunan pendapatan perusahaan di FY2020 vs FY2019 adalah “diharapkan dan sebagian dapat dikaitkan dengan keberhasilan film Bohemian Rhapsody“.

Namun, pengarsipan menambahkan: “Mengingat kesuksesan Bohemian Rhapsody, diharapkan akan ada pendapatan lebih lanjut dari film tersebut pada tahun yang berakhir 30 September 2021 dan di tahun-tahun berikutnya, meskipun itu diperkirakan akan menurun dari tahun ke tahun.”

Dengan kata lain, rilis bioskop Bohemian Rhapsody memberikan lonjakan pendapatan satu kali untuk Queen di FY2019, tetapi sekarang harus terus meningkatkan pendapatan ke tingkat yang lebih kecil seiring berjalannya waktu.

(Penafian untuk apa yang akan Anda baca: Kami tidak dapat 100% yakin dari pengajuan jika Queen menghitung residu non-musik dari Bohemian Rhapsody sebagai “royalti” dalam Queen Music Production Ltd.)

Satu hal yang sangat menarik tentang sejarah pendapatan Queen baru-baru ini adalah bahwa bahkan sebelum film Bohemian Rhapsody tiba, pendapatan band sudah melonjak secara signifikan.

Sedemikian rupa sehingga di FY2018, Queen Productions Ltd menyerahkan hampir dua kali lipat dari yang hanya dua tahun sebelumnya (£21,94 juta pada FY2018 vs. £12,34 juta pada FY2016).

Di tengah ketatnya pasar akuisisi industri musik saat ini, semua ini menimbulkan pertanyaan penting: Jika Queen menjual hak musik mereka hari ini, berapa harga yang mungkin diambil?

Beberapa poin data untuk membantu: Dalam laporan tahunan terbarunya, Hipgnosis Songs Fund mengatakan bahwa katalognya baru-baru ini secara independen bernilai $2,2 miliar, berdasarkan “kelipatan dari 17,96x sejarah penerbit bersih tahunan bagi hasil”. Saran di sana, jelas, adalah bahwa kelipatan 17,96 adalah cerminan yang masuk akal dari nilai pasar hak penerbitan musik standar emas hari ini.

Dalam tiga tahun terakhir, menurut Queen Productions Ltd, hak band telah menghasilkan sekitar £134,5 juta ($ 186 juta) dalam royalti. Itu rata-rata selama tiga tahun ini sebesar $62 juta per tahun.

Angka ini jelas mewakili pendapatan dari rekaman musik Queen serta penerbitan musik.

Itu juga didorong oleh rilis Bohemian Rhapsody di FY2019. Pada saat yang sama, musik Queen terus menguasai pangsa pasar yang patut ditiru pada layanan streaming, yang kontribusinya terhadap industri musik terus tumbuh setiap tahun – meningkatkan pendapatan Queen sendiri.

Musik Queen’s Menghasilkan Uang Lebih Dari Miliaran Dollar

Jadi, hanya untuk bersenang-senang: Kelipatan 17,96 dengan $62 juta? Itu akan membuat hak royalti Queen senilai $ 1,11 miliar hari ini.

Ingatlah bahwa tidak jarang ‘katalog mendalam’ prestise musik menarik kelipatan akuisisi lebih dari 20 kali: sumber industri senior menyarankan bahwa Universal Music Group membayar kelipatan antara 25 dan 30 kali untuk katalog lagu Bob Dylan tahun lalu (dimana UMG mengeluarkan lebih dari $300 juta).

Sekali lagi, untuk bersenang-senang: Bagaimana jika pembeli bersedia membayar 25 kali lipat untuk hak royalti Queen – sekali lagi, termasuk hak rekaman dan penerbitan – berdasarkan omset royalti rata-rata $62 juta per tahun dalam tiga tahun terakhir?